Rabu, Oktober 5
Shadow

Dana Box, Lifehack Beramal Setiap Hari

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari beramal dengan menggunakan sebagian harta. Mulai dari berlimpatgandanya pahala sampai 700 kali hingga dapat menolak balak. Beramal juga dapat meningkatkan kegembiraan dan kebahagiaan. Secara sosial, beramal juga dapat menghindarkan diri dari sifat kikir, sifat tidak peduli terhadap orang lain, tidak peduli terhadap islam yang itu semua merupakan wujud ketidak pedulian terhadap diri sendiri kelak di akhirat.

Manfaat berdana box lebih lengkap bisa dibaca melalui artikel berikut

Belum mengertinya manfaat menjadi alasan kurangnya motivasi dan kesadaran dalam beramal. Selain itu, banyak orang yang belum rutin beramal karena berbagai macam alasan. Alasan tersebut meliputi ekonomi belum mapan, cara melakukannya tidak mudah karena tidak setiap hari ke masjid/majelis taklim untuk mengisi ‘kotak amal’, lupa beramal dst.

Sebagai solusi dalam beramal, Muallif Sholawat Wahidiyah telah memberikan tuntunan untuk mengisi Dana Box. Dana Box mempunyai banyak kelebihan karena melalui Dana Box beramal bisa menjadi lebih mudah, ringan, tertib, terarah, efektif, efisien dan penuh hikmah. Berikut lifehack beramal melalui dana box

Mudah

Dana Box menjadikan beramal semakin mudah karena Dana Box dilakukan di rumah masing-masing. Selain itu dana box mudah dilakukan oleh semua kalangan ekonomi bahkan usia anak-anak yang masih belum mempunyai penghasilan bisa beramal melalui Dana Box. Hal ini dikarenakan Dana Box tidak mengunggulkan berapa jumlah yang diamalkan namun konsistensi beramal setiap hari yang lebih diutamakan. Seperti Hadits diriwayatkan Imam Turmudzi dari Aisyah ra. Rosulullah SAW Bersabda:

كَانَ أَحَبُّ الْعَمَلِ إِلَيْهِ مَا دُوْوِمَ عَلَيْهِ وَإِنْ قَلَّ

“Amal perbuatan yang paling disukai oleh Rosulalloh SAW adalah yang rutin (kontinu) meskipun sedikit”.

Ringan

Dana Box dilakukan tanpa ada unsur dan pengaruh paksaan baik moril maupun materiil. Suka rela menurut kemampuan dan keikhlasan masing-masing. Selain itu, Dana Box bisa dilakukan tidak hanya berbentuk uang (Rp. 500, Rp. 1000, Rp. 2000 dst sesuai kemampuan masing-masing), namun bisa menggunakan barang (beras segengam perhari, gelas minuman kemasan), tanaman (kelapa, sayur, buah-buahan) atau apa saja yang bisa diuangkan.

Tertib

Dana box dilakukan secara rutin dan teratur di rumah masing-masing tanpa mengganggu kesibukan dan kebutuhan rumah tangga. Tata cara berdana Box:

  1. Menyediakan tempat penyimpanan khusus bisa berupa kotak amal, celengan atau yang lainnya, lebih baik yang bisa digunakan ulang di rumah
  2. Mengisi dana box setiap hari dengan jumlah uang sesuai kemampuan
  3. Waktu mengisi bisa pagi, siang atau malam (namun sebaiknya mengambil waktu yang tetap)
  4. Bila bepergian, titiplah pada orang di rumah untuk mengisikan atau menyediakan tempat tersendiri, setelah tiba masukkan ke dalam kotak Dana Box
  5. Sebelum kita mengisi/memasukkan Dana Box jangan lupa niatnya, yakni menginfaqkan harta di jalan Allah lillahi ta’ala kemudian lebih dahulu membaca

1 x  بِسْـمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـمِ

3 x  يَاسَيِّدِ ى يَارَسُوْلَ الله

3 x  فَفِرُّوآإِلىَ الله

  1. Kemudian ditiupkan kepada uang/barang yang akan dimasukkan ke dalam kotak Dana Box dengan niat (dalam hati/diucapkan) kirim do’a bagi keluarganya yang sudah meninggal dunia.
  2. Bila terpaksa tidak memiliki apa-apa untuk digunakan Dana Box, tetap datangi kotak dan lakukan seperti cara diatas. Kemudian Tiup kotaknya

Terarah

Pengumpulan dana dilakukan secara jelas dan terarah sesuai bimbingan dan tuntunan Muallif Sholawat Wahidiyah. Di daerah yang telah dibentuk Penyiar Sholawat Wahidiyah (PSW), dana yang terkumpul setiap bulan akan diambil oleh Petugas Pengumpul (Gaspul) yang selanjutnya akan diteruskan pengumpulannya hingga DPP PSW dengan rincian tasaruf yang telah ditetapkan untuk masing masing tingkatan. Di daerah yang belum terbentuk PSW, kotak dana box bisa dihitung setiap bulan dan ditransfer ke rekening DPP PSW a.n Badan Keuangan Wahidiyah Pusat 002301018238502 (BRI).

Efektif

Tepat sasaran yang dituju dan jelas arah tasharufnya, yaitu perjuangan wahidiyah. Dalam Wahidiyah terdapat Gaspul (Petugas Pengumpul Dana Box ke masing-masing rumah pengamal) kepengurusan tingkat desa, kecamatan, DPC (kabupaten/kota), DPW (provinsi) dan DPP (pusat). Masing-masing mendapatkan 15% dari perolehan Dana Box kecuali DPP mendapatkan 25%. Dana ini digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan wahidiyah seperti mujahadah dari mujahadah usbuiyah (tingkat desa), hingga mujahadah kubro (tingkat pusat). Mujahadah adalah upaya bersungguh-sungguh untuk perjuangan kesadaran kepada Allah secara lahir batin sehingga hal ini dapat berarti jihad fii sabilillah. Rasulullah SAW bersabda:

أَفْضَلُ النَّاسِ مُؤْمِنٌ يُجَاهِدُ فِيْ سَبِيْلِ اللَّهِ بِنَفْسِهِ وَ مَالِهِ

“Paling utamanya manusia adalah orang mukmin yang berjuang fii sabilillah dengan jiwa dan hartanya”.

Selain itu, dana box juga digunakan untuk mencetak lembaran sholawat wahidiyah. Hal ini mempunyai fadhilah besar sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِيْ كِتَابِ لَمْ تَزَلْ المَلَائِكَةُ تَسْتغْفَرُوْنَ لَهُ مَادَامَ إِسْمِى فِيْ ذَلِكَ الْكِتَابِ (كفاية الأتقياء -٦ )

“Barang siapa menulis sholawat kepada-ku di dalam suatu kitab, maka para malaikat tiada henti-henti memohonkan ampun baginya selama namaku masih tercantum di dalam kitab tersebut”, (Kifayah Al-atqiya’ – 6)

Efisien

Dana Box merupakan sarana beramal dengan tenaga dan biaya yang ringan, namun memperoleh hasil yang sangat berlimpah terutama di sisi Allah wa Rasulihi SAW.

Penuh Hikmah

Selain banyak keuntungan dan manfaat yang bisa diperoleh bagi pengisi, Dana Box juga merupakan perwujudan kepedulian terhadap perjuangan kesadaran Fafirru ilallah wa Rasulihi SAW.

Cara mudah beramal dengan dana box mari bersama kita laksanakan. Sudahkah anda berdana box hari ini?

Tinggalkan Balasan