Sabtu, Mei 21
Shadow

SIM PSW, Wujud Digitalisasi Informasi dan Administrasi Wahidiyah

Wahidiyah merupakan organisasi besar dengan banyak pengamal yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia bahkan di luar negeri. Dalam pengamalannya, Wahidiyah memerlukan pembinaan dan penyiaran agar sesuai dengan ajaran bimbingan Romo Kyai Muallif Sholawat Wahidiyah. Pembinaan dan penyiaran tersebut diatur oleh organisasi Penyiar Sholawat Wahidiyah (PSW) mulai dari tingkat desa hingga tingkat pusat. Saat ini, PSW mempunyai 26 pengurus DPW setingkat provinsi, 135 pengurus DPC setingkat kabupaten / kota dan 1 cabang khusus luar negeri. Banyaknya pengamal, pengurus PSW dan kegiatan pengamalan mujahadah, pembinaan serta penyiaran yang harus terus terkontrol membuat Wahidiyah memerlukan sistem untuk mempermudah jalannya roda organisasi. Dari latar belakang tersebut maka dirumuskanlah suatu aplikasi bernama SIM PSW, Sistem Informasi Manajemen Penyiar Sholawat Wahidiyah.

SIM PSW merupakan sistem informasi yang dapat digunakan untuk media penyimpanan serta pengolahan data kewahidiyahan. SIM PSW dapat diakses melalui web atau melalui android dengan mengunduh aplikasinya di Play Store. Selain sebagai sumber informasi, harapan jangka panjang dari sistem ini adalah dengan data yang terkumpul dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan atau evaluasi dalam sebuah kebijakan perjuangan Wahidiyah.

Dalam launching pertama ini SIM PSW memiliki 3 fitur yaitu pencarian sekretariat PSW, kelola data pengurus dan kelola dana box. Fitur pertama bisa diakses oleh siapapun sedangkan dua fitur selanjutnya hanya bisa diakses oleh admin SIM PSW. Admin SIM PSW merupakan pengurus PSW mulai tingkat pusat hingga cabang yang diberikan tanggung jawab khusus untuk mengelola data kepengurusan.

Untuk mensukseskan digitalisasi Wahidiyah dengan SIM PSW ini, Badan Informasi dan Komunikasi Wahidiyah (BIKW) Pusat, Badan yang diberikan mandat oleh  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSW untuk mengembangkan aplikasi ini mengadakan pengenalan SIM PSW pada Rabu (23/02) melalui zoom meeting. Pengenalan tersebut diikuti oleh 20 admin DPC dan DPW terdaftar yang telah terdata oleh BIKW Pusat. Dari peserta yang mengikuti pengenalan, DPW Kepulauan Riau merupakan DPW yang sangat antusias dalam menyambut digitalisasi Wahidiyah ini. Antusiasme tinggi pengurus DPW Kepulauan Riau dibuktikan dengan telah didaftarkannya semua DPC se-Kepulauan Riau dalam Admin SIM PSW.

“Slogan yang diusung dari SIM PSW adalah S-I-M, yakni Simpel, Integrasi, dan Mudah. Dengan mengusung tampilan serta penggunaan yang mudah, kami berharap seluruh pengurus PSW di daerah untuk mau membuka diri, belajar menggunakan serta memanfaatkan sistem ini. Setiap DPW dan DPC berhak memiliki satu akun sehingga dapat mengelola serta menggunakan fitur yang sesuai di tingkatannya,” tutur Bahar Sofiuddin, Ketua BIKW Pusat. (Infokom).

link akses : http://sim.wahidiyah.org

Tinggalkan Balasan